UAS-Cyberpreneurship-2112510272-Wiwin Rusdiyanto

Nama        : Wiwin Rusdiyanto

Nim           : 2112510272

Absen         : 13


1. Jelaskan pengertian cyberpreneurship dan berikan contohnya.!

Jawab :  Cyberpreneurship berasal dari kata cyber dan enterpreneurship. Cyber berarti internet dan enterpreneurship berarti wirausaha. Cyberpreneurship bisa diartikan sebagai kewirausahaan melalui media internet. Cyberprenership sering juga disebut sebagai bisnis online. Bisnis online merupakan bisnis yang dijalankan secara online melalui jaringan internet. Untuk menjalankan bisnis online harus memiliki website/blog, akun Google dan social media. Cyberpreneurship juga dapat diartikan sebagai kiat-kiat untuk mencari peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi-teknologi yang tersedia di internet.

Contoh dari Cyberpreneurship :

-          Shopee

-          Bukalapak

-          Tokopedia

-          Lazada

 

2. Sebutkan langkah-langkah  untuk menjadi cyberpreneur?

1. Identifikasi Diri dan Lingkungan

Harus segera bisa mengiIdentifikasi diri, kelebihan kita di mana? Pelajari latar belakang lingkungan dekat. Aktivitas mereka bekerja atau usaha di bidang apa?

2. Pilih Partner dan Tema Produk
Pilih teman yang bervisi sama dan memiliki latar belakang yg dekat dengan bidang yang kita garap.

3. Pilah dan Pilih Produk
Cari sumber ilmu, cari buku yang membahas aplikasi atau Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Toko. Pilih yang source code-nya terbuka. Atau cari open source, eksplorasi situs sf.net.

4.  Oprek Produk dan Perbaiki Desain
Oprek POS atau aplikasi Kasir yg kita pilih. Pelajari source code-nya dan tambahkan fitur yang diperlukan meskipun masih sederhana. Buat icon, logo dan desain user interface yang baru, unik dan khas. Pokoknya perbaiki desainnya! Cek lisensinya supaya tidak melanggar.
Oprek Produk yg kita pilih adalah fashion.

5. Manfaatkan Lingkungan
Kita sudah punya produk yang siap ditawarkan meskipun masih sederhana, minta teman kita supaya mau menggunakan produk kita, Diskon atau Gratiskan saja bila perlu untuk public figur.

6. Dapatkan Portfolio dan Promosi
Hore! Kita sudah punya satu pelanggan, sampaikan ke public bahwa produk kita sudah terbukti digunakan.. Iklankan via Facebook, Tweeter, Tokopedia, Bukalapak, Grup WA dll

7. Lakukan Blog Marketing
Buat situs untuk promosi. Tanpa modal? Pakai blog gratisan: WordPress.Com, Blogspot.Com, dll. Mulai ngeblog, ceritakan tentang cara Sistem Informasi Toko, bagaimana kesulitan bila ditangani manual akan terselesaikan dengan aplikasi komputerisasi. Manjakan pengunjung dengan informasi-informasi tentang manfaat IT dst. Jangan lupa beri jargon.

8.  Kejar Terus Portfolio
Rayu teman lain yang punya tetangga, kakek, nenek, bapak, ibu, paman atau saudara baik jauh maupun dekat yang mengelola Toko, minta supaya mau instal.

 

9. Benahi Produk dan Tambahkan Model
Alhamdulillah sudah dapat pelanggan! Oprek lagi produk kita, tambahkan fitur, model, pilihan berdasarkan feedback dari pengguna. Tawarkan lagi, jangan gratis atau terlalu mahal. 

 

 10. Matangkan Produk dan Mulai Kembangkan Produk Lain
Terus perbaiki dan matangkan produk mengikuti selera pasar. Apabila satu produk sudah matang, pikirkan untuk mengembangkan produk lain, Mulai lagi dari tahap pertama, cari teman lagi yang punya hubungan dengan pengelola bengkel, perpustakaan, toko buku, dsb.

 

3. Jelaskan langkah-langkah untuk memaksimalkan SEO! 

1.  Memakai Permalink Sederhana

Langkah paling awal dalam cara optimasi SEO On Page ialah menerapkan permalink sederhana. Permalink ini akan membantu mesin pencari untuk memahami topik yang diangkat dalam website Anda.

Pada umumnya, permalink cukup memuat keyword yang ditentukan saja. Apabila memakai WordPress umumnya permalink telah disediakan secara otomatis, namun Anda juga dapat mengeditnya secara mudah.

Cukup dengan klik dashboard WordPress, pilih Settings dan lanjut ke menu Permalink. Lantas, klik struktur permalink Post Name dan tekan Save. Dengan cara ini struktur permalink akan lebih mudah dikenali oleh search engine.

2. Menciptakan Judul Konten Memikat

Isi konten lebih penting bagi pengunjung. Namun, menerapkan cara optimasi SEO dengan menciptakan judul memikat akan lebih menarik perhatian pengguna internet untuk memilih website Anda.

Apabila judulnya tidak menarik, tentu akan lebih banyak pengguna internet yang melewati website Anda. Jika kesulitan menciptakan judul, bisa mempelajari tips menciptakan judul konten yang memikat melalui internet atau buku.

3. Mengandalkan Heading dan Subheading

Adanya heading dan subheading akan membantu pengunjung untuk lebih memahami isi konten. Konten akan terbagi dalam beberapa bagian dan pengunjung akan mampu menemukan poin penting dalam waktu singkat.

4. Memilih Tema Responsif

Saat ini, orang-orang lebih banyak mengakses Google memakai perangkat smartphone daripada PC. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih tema WordPress yang responsif atau mobile-friendly.

Tema tersebut membuat website tetap tampil cantik dalam perangkat smartphone. Sehingga pengguna tetap merasa nyaman mengakses situs tanpa harus mengandalkan PC. Terutama apabila keperluan mendesak dimana perlu mencari informasi melalui smartphone.

5.  Memasukkan Outbound Link

Konsep ini mirip dengan memasukkan catatan kaki pada artikel. Tujuannya adalah supaya pengunjung mengakui bahwa sumber referensi Anda terpercaya. Jadi, dalam konten Anda perlu memasukkan link website lain yang bagus.

6. Menambahkan Gambar atau Video

Di samping menulis konten yang bermanfaat dan asli, Anda juga perlu menambahkan gambar atau video ilustrasi yang relevan.

Akan lebih baik bila memakai lebih dari satu gambar. Video juga akan lebih membantu pengunjung untuk memahami isi konten terutama yang berkaitan dengan tutorial.

7.  Memanfaatkan Internal Link

Apakah Anda ingin pengunjung betah dalam mengakses website Anda? Salah satu cara membuat pengunjung betah di website adalah dengan memanfaatkan internal link. Anda bisa memasukkan link artikel lain dalam konten, namun link tersebut adalah konten lain namun relevan dengan konten utama.

Dengan demikian, ketika pengunjung selesai membaca satu konten, mereka akan berpindah ke konten lain yang masih dalam website Anda. Internal link juga berguna untuk membantu Google dalam memahami hubungan antar halaman website Anda.

8.  Menaikkan Kecepatan Website

Kecepatan website juga sangat mempengaruhi minat pengunjung. Jika web membutuhkan terlalu banyak waktu untuk menampilkan laman, pengunjung bisa saja langsung keluar. Hal ini juga akan menyulitkan Google untuk menempatkan Anda di posisi yang baik. Oleh sebab itu, Anda perlu menaikkan kecepatan hingga setidaknya berada di bawah 3 detik.

 

4. Jelaskan apa yg dimaksud dengan affiliasi dalam bisnis online!

 Afiliasi adalah suatu langkah memperoleh penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan peluang untuk menjualkan produknya kepada konsumen melalui afiliasi, agar mendapatkan keuntungan sesuai kesepakatan Bersama.

 

5. Jelaskan yang anda ketahui tentang google adwords, berikan cara dan langkah-langkahnya serta berikan contohnya!

Google Ads adalah layanan iklan berbayar yang ditawarkan oleh Google. Perlu diketahui, layanan ini pada awalnya bernama Google Adwords. Namun pada tahun 2028 Google memutuskan untuk mengubah nama tersebut menjadi Google Ads.

Langkah-langkah :

Langkah 1: Buka Google Ads

Langkah 2: Pilih Mode Pakar

Langkah 3: Buat akun Google Ads

Di sini Anda akan melihat beberapa opsi sasaran iklan namun pada tahap ini, Anda dapat memilih opsi “Buat akun tanpa kampanye”. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi informasi bisnis Anda dengan menekan tombol “Kirim”.

Langkah 4: Membuat kampanye baru

Di sini, Anda dapat mengeksplor akun Google Ads Anda dan bisa untuk mulai menjalankan kampanye dengan menekan “Kampanye Baru”.

Selanjutnya, Anda dapat memilih tujuan atau sasaran iklan, apakah itu untuk mendapatkan penjualan, prospek, traffic website, atau yang lain. Ketika Anda memilih salah satu tujuan, pada bagian bawah akan muncul rekomendasi jenis iklan yang dapat dipilih. Di sini, silakan pilih jenis iklan yang ingin dijalankan.

Setelah itu, isi informasi spesifik yang diminta oleh Google, dan klik “Lanjutkan”.

Langkah 5: Pilih penargetan dan anggaran

Cara daftar Google Ads selanjutnya adalah memilih penargetan dan anggaran iklan. Pada bagian ini terdapat beberapa info yang harus Anda isi, seperti lokasi, bahasa, budget, dan bidding.

Penting untuk diperhatikan, ketika mengisi data tersebut Anda harus melihat siapa audiens spesifik yang ingin dijangkau. Jika terlalu luas, maka iklan tidak bisa menjangkau target yang tepat.

Pada bagian budget, Anda dapat mengisi dana yang akan dipergunakan setiap harinya dan pilih jenis bidding yang akan Anda gunakan. Jika Anda ingin penawaran dijalankan di bawah kontrol manual Anda, maka silakan klik “pilih strategi penawaran secara langsung” kemudian pilih opsi manual CPC. Jika sudah, Anda dapat menyimpan dan beralih ke tahap selanjutnya. 

Langkah 6: Siapkan Group Iklan

Grup Ads atau group iklan adalah kumpulan atau kelompok-kelompok iklan dengan tema dan target yang sama. Di sini Anda dapat membuat kelompok kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat dan bekerja dengan baik, kami sarankan Anda untuk menggunakan Google Keyword Planner dari Google Ads. Anda dapat menemukannya pada opsi “alat dan setelah” yang berada di atas dashboard.

Langkah 7: Membuat iklan

Sekarang saatnya untuk membuat isi iklan di Google Ads. Anda dapat membuat judul dan deskripsi yang menarik untuk iklan Anda. Jika semua informasi yang dibutuhkan sudah Anda isi, silakan simpan dan lanjutkan.

Contoh google adword:

1.  Google Search Ads

2.  Google Display Network (GDN)

3. Google Shopping

4. Video Campaign (Youtube)

 

6. Jelaskan perbedaan dan kesamaan antara Online Store dengan Marketplace, terangkan yang anda ketahui tentang tokopedia, bukalapak atau shoppe baik dari fitur maupun transaksinya

Perbedaan online store dan marketplace

Faktor

(Online Store)

Marketplace

Biaya

Sedikit mengeluarkan uang di awal. Tapi ini merupakan investasi jangka panjang.

Gratis (kecuali untuk menikmati fitur-fitur premium yang disediakan marketplace)

Tingkat Kesulitan Pembuatan

Pembuatan mudah dan cepat jika Anda sudah terbiasa mengoperasikan website. 

Anda bisa mendaftar dan langsung menggunakannya untuk berjualan.

Jenis Barang

Cocok untuk barang bermerek, artisan, butik, dan barang lain yang perlu brand awareness tinggi. 

Barang umum seperti perkakas dan aksesoris yang bisa dibeli dalam jumlah besar sekaligus

Promosi

Upaya promosi lebih fleksibel dan bisa Anda atur sendiri.

Promosi lebih dikendalikan oleh marketplace.

Persaingan

Persaingan dengan sesama website untuk mendapatkan ranking pertama di hasil pencarian.

Persaingan dalam satu marketplace  sangat ketat.

Jumlah Penjualan

Sedikit sudah bisa untung.

Harus jualan banyak agar bisa memuaskan.

Kepercayaan

Jika menerapkan strategi yang benar, kepercayaan konsumen bisa dibangun dengan cepat.

Konsumen lebih percaya kepada marketplace, bukan pada bisnis yang menjual produk.

Kesetiaan Konsumen

Konsumen cenderung lebih setia. Apalagi kalau bisnis menerapkan strategi customer retention (member, poin, dsb).

Konsumen bisa dengan mudah lari ke toko sebelah apabila menawarkan harga lebih murah.

Data

Pengumpulan data performa bisnis yang mendalam.

Data yang didapatkan terbatas.

Persamaan Online Store dan Marketplace

Tujuan dari Online Store dan Marketplacce  yaitu menjual produk kepada pelanggan.

Marketplace Shopee, Tokopedia Dan Bukalapak.

Kelebihan-kelebihan ketiganya yang identik seperti harga termurah (karena penjual tidak dikenakan biaya administrasi). Sistem yang transparan (karena kita langsung berhubungan dengan seller), dan transaksi yang jauh lebih aman (karena menggunakan rekening escrow).

Kode Unik Transaksi Dan Selang Waktu Pembayaran

Tokopedia

Menggunakan 2 digit kode unik (dan uang inipun akan kembali ke saldo Tokopedia kita). Metode Pembayaran termasuk mudah dipahami.

Shopee

Bagi yang belum terbiasa berbelanja melalui Shopee ini, memang saya akui untuk metode pembayaran transfer Bank di mesin ATM bisa di bilang terlalu sulit bagi yang belum pernah. Maka bagi yang baru berbelanja dari Shopee lebih baik gunakan Metode pembayaran melalui Minimarket saja seperti Alfamart atau Indomart terdekat.

Bukalapak

Bukalapak menggunakan 3 digit kode unik (cenderung lebih merugikan dan dana ini tidak dikembalikan sama sekali). Selang waktu pembayaran (saat itu) hanya 10 jam. Namun mudah di pahami.

 

7. Jelaskan tahapan pengembangan website dimulai penentuan keyword untuk menaikkan trafik dan bisa ada mendapatkan posisi baik di search engine.

Tahapan pengembangan :

·         Install Plugin Yoast SEO

·         Tambahkan Website di Google Search Console

·         Buat Sitemap

·         Pasang Google Analytics

·         Tingkatkan Kecepatan Website

·         Riset Keyword

·         Targetkan Long Tail Keyword

·         Buat Konten yang Lengkap dan Menarik

·         Optimasi Gambar

·         Maksimalkan Internal Link

·         Guest Post

·         Posting di Medium

·         Periksa Link yang Error

·         Optimasi Meta Tags

·         Update Konten Lama

 

8. Jelaskan cara cara mengoptimasi SEO terhadap sebuah Website / toko online .

Berikut ini adalah 12 tips SEO untuk toko online yang bisa kamu lakukan.

1. Hindari Duplikat Konten

Salah satu musuh besar bagi mesin pencari adalah duplikat konten. Banyak toko online yang mendapat sanksi dari mesin pencari dikarenakan memiliki konten yang sama untuk deskripsi produk ataupun daftar lainnya.

Sehingga sebagai pemilik toko online, kamu harus mencari cara untuk mengurangi duplikat sambil melakukan penilaian terhadap toko online kamu sendiri.

2. Miliki Strategi Konten

Kamu harus bisa menciptakan konten yang unik. Selain unik, konten tersebut juga harus berkualitas sehingga menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya akan menambah nilai bagi pelanggan, hal itu juga bisa membantu dalam meningkatkan peringkat toko online kamu di mesin pencari. Buatlah konten yang variatif dan relevan dengan produk yang ada di toko online kamu.

3. Jangan Gunakan Deskripsi Produk Dari Produsen

Buatlah deskripsi produk yang memiliki konten unik, SEO friendly dan menggunakan kata-kata yang banyak dicari oleh pengunjung. Usahakan untuk tidak mengcopy paste deskripsi produk yang dibuat oleh produsen. Karena hal ini akan mengurangi keunikan dan kualitas toko online kamu.

4. Gunakan Kata Kunci yang Unik

Diantara cara untuk mengoptimalkan toko online kamu yaitu dengan menggunakan kata kunci yang unik. Kamu bisa menggunakan bantuan Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci yang lebih baik dan sering dicari oleh banyak orang.

5. Tag Judul

Selain kata kunci, kamu juga harus membuat judul yang menarik untuk setiap halaman produk. Judul ini yang akan membuat pengunjung memutuskan untuk melanjutkan mengunjungi toko online kamu atau malah memutuskan untuk mencari toko online lain yang lebih menarik.

6. Optimalisasi Gambar Produk

Tidak dipungkiri, saat ini banyak pelanggan yang mencari kebutuhan mereka melalui pencarian gambar. Oleh karena itu, bagi kamu pemilik toko online sebaiknya menambahkan kata kunci yang terkait dalam tag ALT dari setiap gambar yang ada di toko online kamu.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu juga harus memastikan bahwa kata kunci yang digunakan pada setiap gambar merupakan kata kunci yang relevan. Hindari penggunaan banyak kata kunci pada tag ALT.

7. Gunakan Meta Deskripsi yang Unik

Ketika melakukan optimalisasi on-page, banyak toko online yang menggunakan meta deskripsi yang sama untuk setiap halaman website mereka. Hal ini juga akan menjadi salah satu musuh dari SEO.

Meta deskripsi memiliki fungsi untuk membantu toko online agar menarik untuk di klik ketika muncul di mesin pencari. Yang perlu diperhatikan yaitu kamu harus membuat meta deskripsi yang berbeda untuk setiap halaman website kamu.

8. Sertakan Review Produk

Banyak pembeli yang tertarik membeli suatu produk setelah melihat review dari pembeli yang lain. Sehingga menampilkan review produk merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik pengunjung agar membeli produk kamu. Hal ini juga merupakan cara pasif yang bisa digunakan untuk menghasilkan konten yang unik pada toko online kamu.

9. Sertakan Link ke Produk pada Homepage

Salah satu kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh toko online yaitu “mengubur” produk mereka ke dalam struktur link yang jauh dari halaman utama. Hal ini tentunya akan membuat pengunjung sulit untuk menemukan produk yang mereka cari. Keadaan ini juga membuat tingkat pencarian produk dari toko online kamu menjadi rendah dan akhirnya bisa mempengaruhi skor dari halaman produk.

10. Optimalkan Anchor Text

Untuk meningkatkan visibilitas toko online kamu pada mesin pencari,kamu bisa menambahkan kata kunci pada link internal yang ada di website kamu. Penggunaan link pada teks yang merupakan kata kunci akan lebih baik dibandingkan menggunakan tipe link “klik di sini”. Karena itu keberadaan anchor text yang optimal disini cukup krusial.

Selain melalui cara itu, kamu juga bisa memasukkan link ke dalam deskripsi produk untuk mengarahkan pengunjung ke produk sejenis lain yang juga ada di website toko online kamu.

11. Atur Toko Online Kamu Untuk SEO

Struktur toko juga memiliki dampak terhadap toko online. Kamu harus membuat struktur toko online yang bagus agar bisa mencakup sejumlah landing page. Kamu bisa mengatur halaman sesuai dengan spesifikasi merek ataupun tipe dari produk yang kamu sediakan.

Dengan cara ini, maka kamu akan memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk mengoptimalisasikan beberapa halaman dan kelompok kata kunci yang nantinya dapat meningkatkan visibilitas toko online kamu dalam pencarian.

12. Share Produk di Media Sosial

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengoptimalisasi toko online kamu yaitu dengan membagikan link toko kamu ke seluruh media sosial yang kamu punya. Langkah ini juga bisa mempercepat produk kamu untuk bisa dilihat oleh banyak orang.

 

 

 9. Terangkan apakah yang dimaksud dengan control panel dalam pengembangan website, jelaskan fungsi, fitur-fitur dan jenis-jenis control panel yang anda tahu.   

Control panel hosting adalah sebuah software atau alat yang disediakan oleh penyedia layanan web hosting yang bertujuan untuk mempermudah dalam mengelola, mengatur, mengoperasikan, dan menjalankan segala kebutuhan website.

Fungsi utama dari control panel hosting ini adalah membantu user untuk mengatur dan mengelola websitenya. Berikut fungsi dari control panel hosting yang harus Anda tahu: Manajemen Domain, Pengaturan, registrasi, dan transfer nama domain.

Fitur -Fitur Control panel :

File Manager,Disk Space Usage, Bandwidth, Backups, Change Password, FTP Accounts, FTP Session Control, MySQL Databases, phpMyAdmin, Remote MySQL, Email Accounts, Images, News & Announcements, Manage Billing Information.

Jenis Jenis Control Panel :

a.      cPanel

b.       Plesk

c.       Cyberpanel

d.      ISPConfig

e.  Zpanel

f.  Kloxo

g.  Webmin

h. Domain Technology Control (DTC)

i. Easy Hosting Control Panel (EHCP)

j.  Webuzo

 

10. Sebutkan CMS yang bisa digunakan untuk pengembangan toko Online dan berikan contoh-contohnya dan apakah perbedaan yang signifikan antara CMS yang bisa dibuat toko online dengan yang tidak.

a.       Prestashop : perfectbeautyshop , https://perfectbeauty.id/

b.      Wordpress :  http://nairaolshop.net

c.        plugin woocommerce : https://shopkeeper.com

d.      Opencart : https://www.agoda.com/

e.        Joomla : https://www.kpk.go.id/

f.        Magento : https://ibox.co.id/

g.      Oscommerce

h.      Cubecart : https://www.fidelity-magazine.com/

·     Dengan CMS,  bisa membuat website modern tanpa harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dulu. Bahkan, biaya membuat website menjadi lebih terjangkau menggunakan platform ini. Selain karena kemudahan penggunaannya, CMS juga terkenal akan fleksibilitasnya dalam memodifikasi tampilan dan konten di dalamnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEO

200 kata Pencarian kaos