Toko Online

 

Cyberpreneurship Pertemuan 9

TOKO ONLINE

Toko online adalah sebuah toko yang beroperasi di dunia maya sehingga penjual dan pembeli bisabertransaksi tanpa harus bertemu secara langsung.

Kekurangan Toko Online

·         Diperlukan keahlian khusus untuk membuat danmengoperasikannya

·         Produk hanya dilihat oleh orang yang mempunyaiakses internet

·         Sering terjadi penipuan dalam transaksi online

·         Dikenakan biaya tambahan untuk pengirimanbarang

Kelebihan Toko Online

·         Menghemat biaya operasional jika dibandingkantoko fisik

·         Bisa dioperasikan dari mana saja dan kapan saja

·         Produk bisa dilihat selama 24 jam / hari qArea pemasaran menjadi sangat luas

·         Transaksi jual beli menjadi lebih mudah

Pengoperasian Toko Online

1.      Pemasok adalah pihak yang menyediakan, mendistribusikan, dan memasarkan suatu produk yang biasanya akan dikirim langsung ke konsumen.

2.      Pengecer/Reseller merupakan orang atau pihak yang menjual kembali produk atau supplier orang lain dimana reseller ini berdiri sendiri. Biasanya reseller mendapatkan harga murah atau harga grosir.

3.       Dropshipper,  tidak menyimpan barang, mereka memasarkannya ke pembeli potensial. jika pembeli melakukan pembelian, barang dikirim dari pemasok ke konsumen secara langsung, tetapi atas nama dropshipper.

Cara Pembayaran Untuk Toko Online

Transfer Bank Metode pembayaran yang paling banyak digunakan. Termasuk virtual account yang sudah terintegrasi dengan e-commerce.

1.      Kartu kredit, Saat ini, pembayaran kartu kredit biasanya aman, karena dilengkapi dengan penjaga penipuan, 3DS dinamis, dan sistem seperti On-Us Routing

2.      Ritel Tunai, Pembayaran dilakukan secara tunai di Alfamart dan Indomaret di seluruh Indonesia.

3.      eWallet, Pembayaran melalui e-Wallet termasuk yang paling populer saat ini. Diantaranya Ovo, Dana, Link Aja, hingga Shopee Pay dan Gopay.

4.      Kredit Tanpa Kartu, Pembayaran kredit/cicilan tanpa kartu kini semakin marak. Misal seperti Kredivo/

5.      Direct Debit, Pembayaran yang langsung menarik uang dari rekening bank pengguna, cocok untuk pembayaran berulang tanpa OTP.

6.      COD atau Cash On Delivery, Pembeli membayar setelah menerima barang di tangan, hal ini memungkinkan minimnya penipuan yang akan dialami oleh pembeli.

Riset Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuka Toko Online

1. Cari Tahu Kebutuhan Pasar Terlebih Dahulu

Jangan hanya Memutuskan ide bisnis, Anda harus mencari tahu apa yang paling dibutuhkan pasar saat ini. Sebagus apapun produk yang akan dijual nantinya jika tidak dibutuhkan masyarakat, sulit untuk dijual. Pastikan produk yang menjadi bahan utama bisnis online Anda mampu menyelesaikan permasalahan masyarakat umum. Misalnya, saat ini banyak yang mencari vitamin penambah daya tahan tubuh, sayuran organik, ramuan herbal tradisional dan lain sebagainya.

2. Cari Tahu Tren Terbaru

Mengetahui tren konsumen terkini akan mendukung kesuksesan bisnis online yang akan Anda jalankan. Anda dapat memulai dengan mengetikkan beberapa kata kunci di mesin pencari. Apa yang paling banyak dicari. Maka dari situ anda bisa mengetahui trend terbaru yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari hasil penjualan online tersebut. Jadi jangan pernah memulai bisnis sebelum Anda mengetahui trennya.

3. Tentukan Peluang Pasar Target Produk

Menentukan target pasar sangat penting agar penjualan Anda fokus pada kelompok. Anda dapat membagi kelompok sasaran berdasarkan demografi mengenai jenis kelamin, usia, lokasi tempat tinggal, pekerjaan, pendapatan, pendidikan, dan sebagainya.

Dari kelompok demografi kemudian tentukan berdasarkan psikologis. Berkaitan dengan minat, hobi, nilai-nilai tertentu yang mungkin berkaitan dengan agama dan norma. Semakin spesifik, semakin mudah bagi penjual untuk menentukan materi bisnis online.

4. Tentukan Harga Jual Suatu Produk

Memulai bisnis Toko online, Anda mungkin akan kesulitan menentukan harga jual. Meski tujuan awalnya untuk riset pasar, sebaiknya jangan membanting harga di awal. Akan lebih sulit untuk mengedukasi pasar tentang harga ini. Segera tentukan harga jual standar dimana penjual sudah mendapat untung. Dengan begitu, jika suatu saat harus menaikkan harga karena alasan tertentu, akan lebih fleksibel. Pengusaha tidak rugi, konsumen bisa mengerti.

 

Etika Dalam Menjalankan Online Shop

1. Selalu Bersikap Ramah Kepada Pembeli

Saat berjualan online, Anda akan menemukan berbagai jenis karakter konsumen. Oleh karena itu, Anda harus selalu ramah kepada konsumen untuk mendapatkan kesan pertama yang baik. Tidak hanya kesan pertama, menjaga citra sebagai toko online yang baik dan ramah harus selalu dijaga karena keramahan merupakan salah satu hal yang dapat membuat pembeli kembali lagi untuk membeli.

2. Membalas Semua Pertanyaan yang Diajukan Pembeli

Terkadang konsumen online akan lebih sering bertanya untuk memastikan barang yang akan mereka beli kualitasnya bagus atau tidak. Anda sebagai penjual harus menjawab semua pertanyaan yang diajukan konsumen agar mereka merasa lebih percaya diri dengan produk yang dijual. Dengan begitu, mereka tidak akan ragu untuk membeli lagi di toko Anda.

3. Selalu Menyapa dengan Panggilan yang Sopan

Untuk awal yang baik, ketika Anda memulai komunikasi, biasakan untuk menelepon konsumen dengan menelepon ayah atau ibu Anda. Tetapi tergantung pada audiens target Anda, panggilan dapat didasarkan pada usia dan jenis kelamin. Sebagai komunikasi awal Anda harus memanggil mereka dengan nama yang sopan agar konsumen merasa lebih dihargai.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEO

200 kata Pencarian kaos

UAS-Cyberpreneurship-2112510272-Wiwin Rusdiyanto